Wayang Tutus

Seni pertunjukan satu ini berkembang pesat di pulau Jawa hingga Bali, yakni pertunjukan Wayang. Namun pernahkah Anda mendengar nama kesenian Wayang Tutus asli Kabupaten Tegal Jawa Tengah?

Wayang Tutus terbuat dari pring atau bambu yang dibelah tipis-tipis (tutus). Tutus biasa digunakan para petani daerah pedesaan di pulau Jawa untuk mengikat padi saat panen tiba. Karakter tutus yang fleksibel membuatnya mudah dibentuk berbagai tokoh pewayangan.

Wayang Tutus / sumber: infotegal.com

Wayang Tutus Tegal pertama diciptakan oleh Kasirun, seorang dalang yang juga mantan penjaga palang pintu stasiun Balapulang, Tegal. Kasirun mulai belajar membuat Wayang Tutus secara spontan sebab ia merupakan penggewar wayang kulit. Hingga sekarang, ia dikenal dengan nama Kasirun pring.

Wayang ini menceritakan dongeng maupun legenda yang popular di Kabupaten Tegal. Seperti kisah seorang abdi dalem pemerintahan Tegal berjudul Gendowor; Martoloyo Martopuro. Durasi pementasan Wayang Tutus khas Tegal ini tak sepanjang pementasan Wayang Kulit, yakni hanya sekitar satu hingga dua jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *