Tari Topeng Endel

Kabupaten Tegal Jawa Tengah memiliki seni budaya yang beragam, salah satunya yakni kesenian tari topeng. Menurut data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal, tari topeng berasal dari daerah Betawi, Cirebon, Mataram, dan Madura. Diduga, tari topeng Tegal merupakan akulturasi dari beberapa daerah tersebut.

Kesenian Tari Sintren

Akulturasi tersebut sangat mungkin masuk dari salah satu pelabuhan terpadat di daerah pantai Utara yang bernama Syahdan. Sebab selain berdagang, masyarakat saling bertukar pengetahuan yang di dalamnya termasuk mengenai seni dan budaya. Perkawinan budaya tersebut melahirkan kesenian baru bagi masyarakat Tegal yakni berupa tari topeng Tegal.

Tari topeng Tegal berjumlah enam jenis tari-tarian, yakni tari topeng Panji, tari topeng Kelana, tari topeng Kiprahan Patih atau Ponggawa, tari topeng Kresna dan tari topeng Layapan Alus yang dimainkan oleh penari laki-laki. Sedangkan tari topeng Endel umumnya dimainkan oleh penari perempuan.

Tari topeng Endel merupakan tari yang dimainkan oleh seorang perempuan dengan gerakan yang lincah. Dalam Bahasa Jawa, endel berasal dari kata kendel atau berani, hal ini mencerminkan sifat dan laku perempuan Jawa yang periang dan percaya diri. Karena tarian ini hanya dibawakan oleh perempuan, arti kata endel bermakna genit.

Tari Topeng Endel Tegal merupakan tarian selamat datang yang sering dipertunjukkan dalam acara seremonial. Namun dahulu kala, tari Endel dipertunjukkan ketika mbarang atau ngamen keliling dengan imbalan padi. Atau untuk kepentingan hiburan semata bagi penonton.

Tahun 2001 Dikbud Kabupaten Tegal melakukan sosialisasi mengenai tari topeng khas Tegal kepada guru SD hingga SMA agar mereka tergerak untuk mengajarkan kepada anak didiknya. Pada tahun 2005, tari Topeng ditetapkan sebagai tarian khas Kabupaten Tegal berdasarkan Surat Keputusan bupati. Berselang dua tahun, Dikbud menggelar tari topeng massal dengan 1700 penari dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

2 thoughts on “Tari Topeng Endel

    1. Tarian khas masyarakat di pesisir Pantai Utara (Pantura), tetapi beberapa tahun kebelakang tari topeng Endel disahkan sebagai salah satu tarian tradisional Kabupaten Tegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *