Tuk Mudal Cempaka

Tuk Mudal Cempaka merupakan mata air yang konon dibangun oleh para tokoh di Kecamatan Bumijawa pada ratusan tahun silam. Dikelilingi oleh enam mata air, Tuk Mudal mengairi 130 Ha persawahan di Desa Cempaka. Masyarakat bergotong-royong menjaga kelestarian Tuk Mudal agar tujuh mata air tersebut dapat terus menjadi pusat irigasi pertanian di sana.

Salah satu upaya konservasi sumber mata air tersebut adalah dengan membuat talud (pembangunan tembok melingkar di areal mata air) yang bertujuan agar tak mengalami pendangkalan. Sebab jika terjadi hujan lebat, mata air akan tercampur dengan lumpur dan berubah menjadi keruh.

wisata desa cempaka, wisata tuk mudal, tuk mudal tegal jawa tengah
Wisata Tuk Mudal / sumber: Digimarcom Hidora

Upaya tersebut berbuah manis, selain pencegahan pendangkalan di areal mata air, Tuk Mudal menjadi salah satu tempat wisata yang mulai ramai dikunjungi wisatawan. Sebab Tuk Mudal memiliki air jernih dan sangat segar. Selain itu, Tuk Mudal dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang sangat asri dan rindang.

Tuk Mudal Cempaka kian berbenah, puluhan pemuda kelompok sadar wisata atau Pokdarwis Desa Cempaka bergotong-royong membangun berbagai fasilitas agar pengunjung semakin merasa nyaman. Seperti beberapa titik menarik yang cocok untuk ber-selfie, Tourist Information Center (TIC), dan toilet.

Pengunjung dapat pula menikmati jajanan khas Desa Cempaka seperti kue Cukit, serabi, tempe gembus goreng yang disajikan hangat-hangat. Tak ketinggalan Anda dapat moci alias meminum teh poci khas Kabupaten Tegal. Meski Tuk Mudal memiliki hawa yang cukup dingin, namun Anda dapat memesan berbagai ragam kuliner tersebut di warung-warung sekitar.

3 thoughts on “Tuk Mudal Cempaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *