Curug Cantel

Berada di lereng pegunungan, Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal dikaruniai puluhan curug atau air terjun yang menyebar di berbagai desa. Salah satunya bernama curug Cantel yang berada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong.

Curug Cantel memiliki jarak sekitar 400 meter dari jalan raya, sehingga wisatawan harus tracking menyusuri sungai dengan bebatuan yang cukup besar. Namun usaha tersebut akan terbayar ketika Anda sampai di air terjun berketinggian sekitar 60 meter.

tempat wisata tegal, wisata curug bumijawa tegal, wisata curug daerah tegal, wisata tegal curug cantel
Wisata Curug Cantel / sumber: Humas

Sesampainya di curug Cantel, Anda akan merasakan segarnya hembusan angin yang berasal dari tingginya curug tersebut. Pada bagian atas curug, terdapat pohon besar dengan posisi tepat berada di pinggir tebing. Jangan khawatir bagi Anda yang ingin berfoto dengan latar belakang curug Cantel Tegal ini, sebab terdapat sebuah gundukan batu yang dapat Anda naiki dengan aman.

Baca juga: wisata kuliner es Sagwan

Lokasi curug Cantel cukup mudah dicari, yakni berjarak sekitar 31 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Tegal menuju Kecamatan Bumijawa. Sesampainya di pertigaan Talang, belok kiri menuju arah pabrik air mineral Adi. Pada pertigaan selanjutnya, belok kiri menuju arah Desa Batumirah. Sesampai di perempatan Mentik lurus menuju Desa Kalipedes hingga menjumpai jembatan Kalipedes. Dari jembatan ini lah perjalanan menyusuri sungai dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *