Monumen TNI AL – Kalibakung

Kabupaten Tegal Jawa Tengah pernah dipilih sebagai tempat pendidikan bagi Sekolah Angkatan Laut (SAL). Pemilihan tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa Tegal pernah memiliki sekolah pelayaran. Sementara kota besar seperti Surabaya, Jakarta maupun Semarang saat itu masih mengalami gejolak pertempuran melawan Belanda.

Monumen TNI AL-Kalibakung / sumber: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal

Sekolah Angkatan Laut Tegal mulai diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 12 Mei 1946 yang disaksikan Wakil Presiden Moh.Hatta, Panglima Besar Soedirman, jajaran Menteri, pejabat teras Mabes ALRI Yogyakarta dan anggota ALRI Pangkalan IV Tegal.

Peresmian Sekolah Angkatan Laut di Tegal dijadikan tonggak sejarah bagi perkembangan pendidikan TNI AL. ALRI semula bernama TKR Laut yang disempurnakan menjadi ALRI Pangkalan IV Tegal. Tegal juga mendirikan Pusat Pendidikan Calon Perwira ALRI yang sekarang disebut Akademi ALRI.

Monumen yang berlokasi di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang ini memiliki diameter 6×6 dengan bahan keramik. Monumen TNI AL Kalibakung diresmikan pada 12 Mei 1978 oleh Panglima Daerah IV Laksamana Muda TNI Atmodjo Broto Darmodjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *