Tuk Putri Desa Cempaka

Selain keberadaan ke tujuh tuk atau mata air, Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa memiliki satu mata air bernama Tuk Putri. Mata air ini berada di sebelah selatan Tuk Mudal dan masih terjaga kelestariannya. Keberadaan Tuk Putri tidak bisa dipisahkan dari cerita sejarahnya.

wisata cempaka bumijawa, telaga air cempaka, wisata telaga air cempaka tegal
Wisata Tuk Putri / sumber: Digimarcom

Konon, para sesepuh wilayah Bumijawa berkumpul di salah satu mata air bernama Tuk Bokor untuk bermusyawarah. Dalam musyawarah itu mereka membahas beberapa hal untuk perbaikan daerah. Seperti pembuatan lapangan sebagai tempat berkumpul masyarakat, area penggembalaan kerbau atau pangonan, usaha untuk meramaikan Tuk Mudal, dan rencana pengusiran demit atau jin di hutan Gunung Luhur.

Di tengah perbincangan itu, datanglah seorang putri yang bernama Ni Cempa. Ia meminta untuk dibuatkan tempat pemandian khusus untuk kaum perempuan. Permintaan tersebut kemudian dimusyawarahkan dan disetujui oleh para sesepuh. Lalu ditunjuklah mbah Sanmuluk untuk membuat pemandian tersebut.

Atas petunjuk Tuhan Yang Maha Esa, mbah Sanmuluk menemukan tempat di sebelah barat Tuk Bokor. Beliau menghujamkan tombak ke sela-sela batu dan keluarlah mata air yang mengucur deras. Jadilah pemandian tersebut dan diberi nama Tuk Putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *