Rumah Wayang

Siapa sangka jika sebuah rumah dinas disulap menjadi museum yang terbuka untuk umum. Kabupaten Tegal Jawa Tengah punya rumah dinas unik yang dirubah menjadi museum wayang. Bertempat di rumah dinas Bupati Enthus Susmono, pengunjung dapat melihat ragam jenis dan tokoh pewayangan.

Museum Rumah Wayang Tegal sengaja dibuat oleh bupati sekaligus dalang kenamaan tersebut agar masyarakat dapat dengan mudah mengenal dan mempelajari kesenian wayang. Kesan wayang sebagai kesenian kuno nampaknya akan luntur jika Anda mulai memasuki area museum di Jalan Merpati Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal tersebut.

Museum Rumah Wayang Tegal, wahana wisata tegal, wisata daerah tegal
Rumah Wayang / sumber: parpora.tegalkab.go.id

Sebab sejumlah karakter wayang milik Ki Enthus Susmono merupakan wayang kekinian. Seperti halnya Wayang Tom and Jerry, Wayang Harry Potter, Wayang Upin dan Ipin, Wayang George Bush, Wayang Obama, Wayang Sadam Husen. Hingga Wayang Ki Enthus pun dapat Anda jumpai di sana.

Museum Rumah Wayang diresmikan pada tanggal 18 Mei 2015, setelah Ki Enthus Susmono dilantik sebagai Bupati Tegal. Museum ini merupakan rumah wayang kedua dari Rumah Wayang Bupati Entus Susmono yang berada di Desa Bengle, Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

Di museum ini pengunjung dapat praktik secara langsung cara membuat wayang. Proses ini bertujuan untuk mengedukasi para pengunjung, mulai dari pengenalan bahan baku hingga menjadi karakter wayang yang siap dimainkan.

Museum Rumah Wayang ini menyimpan ragam jenis pertokohan. Dari model tradisional maupun kontemporer, mulai wayang kulit, wayang santri, wayang golek, wayang bambu, hingga wayang kreasi.

Rumah Wayang ini juga memiliki koleksi berbagai macam keris, topeng, lukisan dunia pewayangan, senjata-senjata khas dunia pewayangan, batik tegalan, dan gamelan yang sangat sayang jika dilewatkan. Selain sebagai ajang rekreasi, di Museum Rumah Wayang ini pengunjung mendapatkan pengetahuan akan kekayaan nusantara yang tak ternilai harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *