DESTINASI WISATA

Jika berkunjung ke Kabupaten Tegal Jawa Tengah, destinasi wisata apa yang ada di benak Anda? Tak hanya wisata pemandian air panas, Kabupaten Tegal memiliki ragam potensi wisata yang wajib Anda kunjungi. Anda dapat mengeksplorasi potensi wisata Kabupaten Tegal dari pesisir pantai hingga pegunungan.

Tegal Tourism mengulas berbagai destinasi wisata alam di Kabupaten Tegal. Mulai dari keindahan pantai serta dunia bawah laut yang menawan, mata air, waduk, curug atau air terjun, perbukitan yang sedang hitz, hingga pegunungan yang megah.

Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Tegal

Kabupaten Tegal Jawa Tengah wilayah Utara memiliki keindahan beberapa destinasi wisata berupa pantai yang alami. Seperti pantai Padaharja, pantai Larangan, pantai Purwahamba Indah atau Purin, dan pantai Suradadi. Pantai Padaharja dan Larangan berada di Kecamatan Kramat, sedangkan pantai Suradadi dan Purin berada di Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.

Selain wisata pantai, Kabupaten Tegal punya wisata bawah laut atau underwater lho. Wisata underwater Kabupaten Tegal berada di Kawasan Konservasi Perairan Karang Jeruk Desa Munjung Agung Kecamatan Kramat. Wisata ini berada di lepas pantai dengan jarak sekitar tiga mil dari pantai Larangan.

Kabupaten Tegal wilayah tengah memiliki sebuah bendungan bernama waduk Cacaban. Waduk ini didirikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952. Awalnya, pembagungan waduk Cacaban bertujuan untuk mengairi sawah di sekitarnya, namun berkembangnya waktu waduk ini sekaligus dimanfaatkan untuk obyek wisata.

Destinasi wisata alam di wilayah Selatan Kabupaten Tegal merupakan dataran tinggi yang didominasi oleh curug, telaga, kebun teh, pemandian air panas, goa, bukit, hingga pegunungan. Memanfaatkan daerah dataran tingginya, masyarakat di beberapa kecamatan membuat wisata buatan di atas bukit.

Wisata buatan tersebut menampilkan kreatifitas warga dalam mempercantik sebuah kawasan. Biasanya, warga membuat berbagai spot menarik agar pengunjung dapat berswafoto. Misalnya saja wisata Wrayan View dengan pemandangan waduk Cacaban, Bukit Bulak Cempaka, dan bukit di atas awan alias Bukit Brongkol.

Tegal Tourism mengupas dan menyajikan informasi berbagai destinasi wisata alam di Kabupaten Tegal. Harapan kami, selain dapat memberikan informasi akurat dan terbaru kepada para pembaca, web Tegal Tourism menjadi media promosi berbagai destinasi wisata Kabupaten Tegal agar lebih dikenal oleh wisatawan nusantara hingga mancanegara.